Investor Masih Kejar Emas

SINGAPURA, KOMPAS.com – Harga emas kembali menanjak. Kenaikan harga emas diakibatkan outlook pertumbuhan ekonomi dunia yang masih buram sehingga mendorong kenaikan permintaan emas.

“Buramnya outlook ekonomi global membuat investor kembali ke pasar emas,” kata Park Hyun Seon, trader Eugene Investment & Futures Co.

Pada pukul 08.48 waktu Singapura, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat mengalami kenaikan 0,2 persen menjadi 1.218 dollar AS per troy ounce. Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran Desember juga naik 0,3 persen menjadi 1.219,70 dollar AS per troy ounce.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini, harga emas menguat 11 persen. Banyak investor yang merasa lebih aman menanamkan investasinya di logam mulia seiring terjadinya guncangan finansial.

Catatan saja, ada beberapa pertanda melambatnya perekonomian global. Salah satunya, angka Produk Domestik Bruto Jepang yang hanya naik 0,4 persen. Angka ini berada di bawah rata-rata estimasi ekonom yang disurvei Bloomberg yang memprediksi kenaikan sebesar 2,3 persen.

Sementara itu, dari 18 trader yang disurvei Bloomberg, 10 di antaranya memprediksi harga emas akan naik minggu ini. Dua trader memprediksi penurunan harga, dan enam trader lainnya mengambil posisi netral. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

diambil dari: kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: