Tips-Tips Membeli dan Menjual Emas

1. Tentukan tujuan anda membeli emas.
Sebelum anda membeli emas, tentukan dahulu tujuan anda. Apakah untuk kesenangan saja, apakah untuk perhiasan sekaligus tabungan kalau ada keperluan mendadak, ataukah murni untuk berinvestasi. Apabila anda menginginkan untuk berinvestasi, anda dapat memilih emas lantakan atau koin. Karena nilai intrinsiknya yang relatif besar. Kalau untuk perhiasan sekaligus tabungan, maka anda perlu memilih emas yang memiliki kadar yang tinggi. Untuk menjaga kemilau emas perhiasan tersebut, dan nilai jualnya yang relatif lebih tinggi.

2. Mencari informasi harga emas hari ini.
Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya, untuk harga emas Indonesia, ada baiknya ada melihat terlebih dahulu website http://www.logammulia.com sebelum membeli emas. Kalau masih kurang, anda dapat mengecek harga emas internasional di http://kitco.com dan dikonversikan ke rupiah/gram.

3. Tentukan tempat anda membeli emas.
Dalam membeli emas, adalah hal yang sangat penting untuk anda menentukan tempat membeli yang baik. Usahakan hanya membeli emas di toko yang memiliki reputasi yang jelas dan terbaik di suatu tempat. Hal ini akan memberikan anda rasa lebih aman dan kualitas emas yang lebih baik. Perhatikan juga harga jual kembali toko tersebut, usahakan ada membeli di toko yang menerima emas dengan harga sekarang, bukan harga emas sewaktu kita membeli. Banyak juga toko emas yang menurut saya kurang fair, karena membeli kembali emas dengan harga lama, ketika pembeli membeli emas tersebut ditokonya.

4. Simpan kuitansi dan sertifikat emas dengan baik.
Sangat penting menyimpan kuitansi pembelian dan sertifikat dengan baik. Seringkali harga emas kita jatuh, karena surat-surat penting itu hilang. Hal ini dikarenakan emas di Indonesia memang belum standar, sehingga muasal emas itu dibeli menjadi penting sebagai referensi kualitas emas anda. Simpanlah dengan baik dokumen-dokumen tersebut, sebagaimana anda menyimpan emas anda.

5. Menyimpan emas dengan baik dan aman
Anda perlu menyimpan emas anda dengan baik. Semua orang tahu kalau emas adalah barang yang berharga. Kalau emas anda tidak terlalu banyak, anda dapat menyimpan dirumah dan di tempat yang aman, simpanlah dalam kotak atau brankas yang tidak semua orang dapat mengambil atau mengaksesnya. Kalau emas anda banyak, atau batangan 1kg keatas, perlu anda menyimpannya di bank deposit. Sewalah untuk waktu tertentu. Anda dapat menghubungi bank yang menyediakan jasa tersebut dan menanyakan bagaimana mekanismenya. Biaya bank deposit tidak terlalu mahal, dan berbeda-beda bank satu dengan yang lainnya.

6. Mencari penawaran terbaik saat menjual
Bagian penting dari berinvestasi emas adalah bagaimana anda menjual emas itu kembali. Yang pertama kali harus anda lakukan adalah mencari tahu harga emas sekarang. Kemudian anda perlu untuk mencari perandingan di beberapa tempat toko emas untuk tahu harga penawaran yang terbaik. Seharusnya harga emas anda dihargai dengan harga emas yang terkandung di perhiasan atau emas lantakan tersebut, dikurangi beberapa ribu sebagai keuntungan dan biaya pembuatan perhiasan yang tidak diperhitungkan oleh toko emas tersebut. Perlu anda ketahui, bahwa seringkali biaya atau ongkos pembuatan tidak diperhitungkan, karena emas anda akan dilebur dan diolah kembali menjadi perhiasaan yang baru.

7. Mempertimbangkan emas sebagai jaminan
Apabila anda memerlukan uang, dan hanya emas yang anda miliki, ada pilihan lain selain menjual emas itu di toko emas atau yang lainnya. Anda dapat menjaminkan emas itu di penggadaian. Ya, emas akan dengan mudah diterima sebagai jaminan di penggadaian. Setelah anda memiliki dana, anda dapat menebus emas anda kembali, sehingga anda tidak kehilangan emas kesayangan anda.

6 responses to this post.

  1. Bagus isi tips ini terutama tulisan Tentukan tempat anda membeli emas
    ini sangat berguna bagi saya update terusnya blognya

    Salam

    Balas

  2. Posted by Indria Y. S on Maret 9, 2010 at 06:48

    Mari mulai invest emas

    Balas

  3. Posted by marcilia christy on April 6, 2011 at 05:42

    Bagaimana perhitungan harga beli dan harga jual dari logam mulia ? terima kasih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: