Faktor yang mempengaruhi naik-turunnya harga emas

Perubahan kurs

Melemahnya kurs dollar AS biasanya mendorong kenaikan harga emas dunia. Hal ini karena jatuhnya nilai mata uang dollar membuat harga emas menjadi lebih murah dalam mata uang lain sehingga umumnya mendorong adanya kenaikan permintaan emas, terutama dari sektor industri perhiasan. Di Indonesia, pada pertengahan tahun 2001, ketika mata uang rupiah mengalami penguatan yang cukup signifikan, harga emas logam mulia (LM) pun menurun. Demikian pula ketika rupiah melemah, harga emas LM pun meningkat. Di awal tahun 2003, perbedaan kurs USD/IDR (dollar AS terhadap rupiah) dengan harga emas LM semakin melebar karena di samping harga emas di pasaran dunia tinggi, nilai dollar AS pun melemah.

Situasi politik dunia

Kenaikan harga emas pada akhir tahun 2002 dan awal tahun 2003 terjadi sebagai dampak dari akan dilakukannya serangan ke Irak oleh sekutu yang dikomando AS. Pelaku pasar beralih investasi dari pasar uang dan pasar saham ke investasi emas sehingga permintaan emas melonjak tajam.

Dibandingkan investasi di pasar saham yang cenderung menurun, saat ini tingkat keuntungan yang didapat sekitar 5 persen per tahun, investasi emas dapat menghasilkan tingkat keuntungan sekitar 15 sampai 20 persen per tahun. Walaupun saat ini harga emas sedang terkoreksi, belum adanya titik terang penyelesaian antara AS dan Irak membuat harga emas berpotensi kembali menguat sampai masalah selesai. Saat ini pengaruh terbesar pergerakan harga emas adalah situasi politik dunia.

Faktor lain yang juga dapat dipertimbangkan sebagai hal yang dapat mempengaruhi pergerakan harga emas, sbb :

Suplai dan permintaan

Salah satu contoh hal yang dapat mempengaruhi suplai dan permintaan (supply and demand) dari emas adalah seperti kejadian pada pertengahan tahun 1980. Pada saat itu, penjualan forward oleh perusahaan pertambangan selalu dipersalahkan atas terjadinya kenaikan pada harga emas. Dalam kerangka bisnis, sebenarnya perilaku perusahaan pertambangan tersebut masuk akal. Dengan melakukan penjualan forward ketika harga emas menguat, mereka dapat mengamankan harga output tambang pada harga yang cukup menarik.

Contoh lainnya, kasus pada pertengahan tahun 1998 di mana harga emas terus merosot. Saat itu, bank-bank sentral di Eropa menyatakan akan mengurangi cadangan emasnya sehubungan rencana pemberlakuan mata uang euro. Harga emas langsung anjlok di sekitar 290 dollar per troy ounce.

Situasi ekonomi

Sekitar 80 persen dari total suplai emas digunakan industri perhiasan. Konsumsi perhiasan merupakan pengaruh yang besar pada sisi permintaan.

Ketika kondisi ekonomi meningkat, kebutuhan akan perhiasan cenderung naik. Namun, dari data statistik terlihat kebutuhan akan perhiasan lebih sensitif terhadap naik turunnya harga emas dibanding kan meningkatnya kondisi ekonomi.

Jatuhnya tingkat kebutuhan perhiasan pada masa resesi di tahun 1982-1983 terutama akibat naiknya harga emas secara simultan. Jatuhnya tingkat kebutuhan perhiasan di masa resesi awal 90-an lebih selaras dengan hal di atas, pada saat itu harga emas menjadi turun.

Situasi ekonomi yang tidak menentu dapat mengakibatkan inflasi tinggi. Emas biasa digunakan sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi. Manfaat ini sudah dirasakan investor sejak lama. Dengan emas, investor mendapat perlindungan sempurna terhadap merosotnya daya beli. Ketika tahun 1978-1980 harga emas sedang booming; sementara inflasi di AS naik dari 4 persen menjadi 14 persen, harga emas naik tiga kali lipat.

Akan tetapi, sejak saat itu, emas tidak lagi terlalu efektif secara sempurna digunakan sebagai alat lindung nilai terhadap inflasi. Di Indonesia, dari data yang didapat, tingkat inflasi tidak mempengaruhi harga emas. Harga emas lebih banyak dipengaruhi kurs rupiah terhadap dollar.

Suku bunga

Ketika tingkat suku bunga naik, ada usaha yang besar untuk tetap menyimpan uang pada deposito ketimbang emas yang tidak menghasilkan bunga (non interest-bearing). Ini akan menimbulkan tekanan pada harga emas. Sebaliknya, ketika suku bunga turun, harga emas akan cenderung naik.

Secara teori, jika suku bunga jangka pendek naik, harga emas turun. Di Indonesia teori ini tidak selalu berjalan.

Pada tahun 1998, karena nilai tukar rupiah merosot tajam terhadap mata uang dollar AS, pemerintah menaikkan tingkat suku bunga secara signifikan. Harapannya, menahan laju kenaikan nilai tukar dollar AS. Akibatnya, walaupun tingkat suku bunga naik, harga emas juga naik.

terlihat tingkat suku bunga tidak terlalu berpengaruh pada harga emas di Indonesia. Tetapi, lebih banyak dipengaruhi harga emas dunia sehingga pengaruh nilai tukar dollar AS terhadap rupiah sangat besar.

Kebutuhan emas juga tergantung dari variasi musiman. Penjualan emas di negara industri cenderung menguat saat menjelang perayaan Natal.

Demikian juga pada hari raya Tahun Baru Cina, harga emas cenderung menguat pada awal kuartal. Permintaan biasanya cenderung melemah pada masa Ramadhan di Arab.

Dengan melihat semua aspek pengaruh pergerakan harga emas, terutama masih belum selesainya masalah AS dan Irak, harga emas masih berpotensi menguat kembali walaupun sudah ada koreksi.

22 responses to this post.

  1. hmm, masih terpengaruh suku bunga yah?>???

    Balas

  2. Posted by subyantoro on Februari 6, 2011 at 07:42

    investasi emas apakah ada seperti investasi saham kalau lagi turun kita bisa beli kalau naik langsung kita jual dan apakah ada jaminan BI seperti di luar negeri

    Balas

    • Posted by aziz on Maret 14, 2011 at 05:16

      investasi di komoditi di emas juga sama juga transaksinya kalau harga di level tertinggi kita langsung bisa jual.

      Balas

      • Posted by yussiariefiyono on Maret 18, 2011 at 14:41

        mohon maaf, kalau ma iklan silahkan hub saya melalui email thank!

    • Posted by yussiariefiyono on Agustus 10, 2011 at 07:17

      untuk jaminan saya rasa masih tidak ada. soalnya investasi emas adalah investasi private bukan melalui company yang jual jaminan.

      Balas

    • Posted by Dadang Rohana on November 2, 2011 at 09:23

      Ada. anda bisa transaksi emas di perdagangan berjangka (futures) melalui perusahaan pialang yang mempunyai ijin dari badan pengawas perdagangan berjangka komoditi (Bappebti)….

      Balas

  3. Posted by tiwi on Mei 6, 2011 at 03:56

    jadi kemungkinan harga emas akan tetap naik ya…ga turun?apakah ada kmungkinan emas bisa turun sprti di akhir 2010 di 400rb?

    Balas

  4. Posted by jo on Juli 27, 2011 at 05:09

    saya bermaksud berspekulasi di jualbeli emas online. Saya bisa ke situs apa?

    Balas

  5. Posted by irwan on Agustus 7, 2011 at 10:28

    apa yg buat kt khawatir ntk bermain emas….???? terima kasih

    Balas

  6. bos bantu info dunk, maklum masih awam

    kalo saya mau beli emas, mengacu pada harga jual apa beli?
    saya bingung masalah harga jual dengan harga beli, karena saya pernah liat (kalau tdk slh) harga jual lebih mahal dari harga beli.
    misal contoh kasus harga jual emas 110.000 per gram sedang kan harga beli 100.000 per gram. dari contoh itu kan kita bisa aja beli terus dijual lagi pada saat itu juga(pkk hari yang sama).????

    mohon bgt share ilmunya y..

    Balas

  7. Posted by ismi on Desember 19, 2011 at 08:12

    sya mw tanya, adakah pengaruh investasi emas dngan inflasi?? jika ada bagaimana pengaruhnya??

    Balas

    • Posted by Admin Harga on Januari 3, 2012 at 08:38

      menurut saya emas tidak terpengaruh dengan inflasi, karena kalau membeli 2gr emas taun ini akan sama dengan 2gr emas 10 thaun kedepan.

      Balas

  8. Posted by sylfinur on Desember 29, 2011 at 14:16

    bagaimana menurut anda prediksi harga emas di tahun 2012, naik atau turun. terima kasih

    Balas

  9. Posted by nia revina on Maret 5, 2012 at 00:30

    yang tahun 2012 nya, tolong paparkan dunk .kk ……
    *_*

    Balas

  10. klo menjelang lebaran dan sesudah lebaran lebaran idul fitri,harga emas kek gmna y pd umumny???

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: